Kamis, 11 Mei 2017

Seni Irodat Kubro Siswo Bregodo Mudo Diresmikan



Rabu, 10 Mei 2017 malam kamis merupakan moment bersejarah untuk kesenian Irodat (Kubro Siswo) Bregodo Mudo. Di malam itulah paguruban seni tersebut secara resmi berdiri dengan ditandai penyerahan Piagam Pengesahan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang diserahkan oleh Kepala Desa Banyuadem Bapak Wahyu Widiantoro. Bertempat di Halaman Balai Desa Banyuadem, Jalan Tembus Salam Dusun Trolikan Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Dalam sambutannya Kepala Desa Banyuadem mengatakan keberadaan kesenian Kubro Siswo ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya tradisional yang kian hari kian terkikis oleh budaya barat.

Penyerahan Piagam Pengesahan oleh Kepala Desa Banyuadem kepada Ketua Paguyuban Kesenian
Dengan di Sah kannya kesenian Kubro Siswo oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, tentunya terdapat batasan-batasan yang diatur oleh Pemerintah yang tercantum dalam Piagam Pengesahan yang wajib dilaksanakan.

halaman muka piagam

halaman belakang piagam pengesahan
 
Pada acara peresmian ini ditampilkan Seni Irodat Kubro Siswo yang secara umum berlangsung lancar dan aman, walaupun penonton membeludak namun tetap tertib dari awal hingga berakhirnya acara. Seluruh crew kesenian secara maksimal memberikan suguhan kepada pengunjung walaupun masih banyak yang harus ditingkatkan lagi.



 Pembentukan Seni Irodat ini telah melewati perjalanan yang panjang, seperti yang telah saya posting sebelumnya  dengan harapan dapat lebih mempererat tali persaudaraan warga, lebih mencintai kesenian tradisional, melatih mental sekaligus membentuk karakter generasi muda agar berjiwa positif, dan meningkatkan kepedulian pemuda terhadap pembangunan di Desa Banyuadem.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar