Kamis, 20 Desember 2012

Cerita tentang tempat-tempat yang dianggap angker di Desa Banyuadem

Berikut ini bukan bermaksud menakut-nakuti (bagi yang penakut), melainkan hanya sharing mengenai tempat-tempat yang disana pernah ada kejadian/penampakan makhluk halus. Dan inipun hanya dari cerita dari orang yang pernah mengalami dan melihatnya.

1.  Makam Dusun Banyuadem
Makam ini terletak di tepi jalan yang menghubungkan dusun Banyuadem menuju dusun Kedawung desa Ngablak, tepatnya persis disebelah utara dusun Banyuadem. Dulu sekitar tahun 80an disuatu malam ada penjual bakso keliling bernama Pak Saeno, terkenal karena kelezatan baksonya. Suatu malam dia seperti biasa keliling untuk menjajakan baksonya, disaat melintas di depan kuburan dusun Banyuadem dia melihat disitu ada pertunjukan (Pak Saeno tidak sadar bahwa tempat itu adalah kuburan) yang sangat ramai pengunjung, hiburan yang disuguhkan meriah, lampu kencar-kencar berwarna-warni, dia pun belok dan masuk ke halaman pertunjukan tersebut dan menggelar dagangannya. Tak lama kemudian dagangannyapun habis dengan cepat, pembelinya tak henti-hentinya antre untuk menikmati baksonya, Namun ketika dagangannya habis... tiba-tiba seluruh lampu padam, pertunjukan yang ramai pun tiba-tiba menghilang dari pandangan, suara yang ramai tiba-tiba sunyi, Pak Saeno hanya terdiam sambil melihat disekeliling, samar-samar dia melihat batu-batu nisan, cungkuk. Dengan gemetaran dia berusaha untuk mendorong gerobaknya, namun apa daya dia tidak bisa keluar dari kuburan, karena terhalang batu-batu nisan. Akhirnya diapun lari meminta pertolongan warga sekitar.

2.Nggrujugan di selatan dusun Trolikan
Letaknya di selatan jalan raya Trolikan sekitar 40 meter, Nggrujugan, karena ditempat tersebut adalah sumber air (tuk) kemudian mengalir dan membentuk air terjun. Disitu dihuni makhluk halus, karena tempatnya memang sepi dan jauh dari pemukiman penduduk. Banyak orang yang telah melihat penampakan di grujugan tersebut, seperti cahaya/sinar yang terang sekali, ada juga berbentuk ikan dalam jumlah yang sangat banyak, namun tidak pernah bisa di ambil, baik di pancing ataupun di strum maupun di obat. Pernah ada yang berhasil mengambil ikan di grujugan tersebut, namun ikan tersebut tidak bisa mati, walau sudah di goreng ikan tersebut masih hidup dan akhirnya ikan tersebut di kembalikan ke Grujugan tersebut.

3.  Udal Kali Sedu
Udal Kali Sedu letaknya dekat dengan perbatasan Desa Banyuadem dan Kradenan, di situ terdapat Udal/tuk/sumber air yang kemudian oleh pernduduk Trolikan di alirkan dengan pancuran untuk mandi. 
Pada suatu sore, ada penderes/pengambil air nira kelapa bernama Jazuli, karena kalau menuju persawahannya harus melewati daerah tersebut. Waktu itu pas Magrib, Jazuli melintas di Kali Sedu tersebut, tiba-tiba dia melihat penampakan seorang gadis sedang mandi di pancuran Kali Sedu, setelah diamati ternyata gadis tersebut seperti melayang-layang dan dalam kejapan mata gadis itupun menghilang.

4. Banyusemurup
Banyusemurup adalah tempat di sungai Gremeng di dusun Trolikan, tepatnya di sudut dusun. Untuk menuju tempat ini sangat mudah, karena letaknya di tepi jalan penghubung dusun Trolikan dan dusun Gambrengan atau tepatnya di selatan jembatan dari arah Desa Srumbung.
Dinamakan Banyusemurup karena banyu (air) menyurup/melewati gorong-gorong alam. Gorong-gorong alam ini terbentuk secara alami melalui peristiwa endapan banjir lahar yang kemudian mengeras/membatu. Namun karena secara terus menerus dihantam air lama-lama endapan itu bolong hingga membentuk gorong-gorong. Secara umum batuan disini termasuk batuan konglomerat.
banyusemurup di sungai Gremeng

Ditempat inilah sering ada penampakan seperti genderuwo, wewe gombel, benda berbentuk bola yang memancarkan sinar. Bahkan dulu sebelum listrik masuk dusun ini sering ada kendaraan melintas ditempat ini macet kalau tidak membunyikan klakson.

5.  Dusun Ganden

Ada penampakan hantu di siang hari terjadi pada waktu pengambilan gambar untuk perencanaan pembangunan jalan desa di wilayah dusun Ganden. Pada mulanya si pengambil gambar belum menyadari bahwa ada hantu yang ikut terekam di kameranya. Diketahuinya setelah beberapa bulan kemudian, setelah gambar tersebut akan digunakan untuk bahan pelaporan, secara tidak sengaja teramati ada sesuatu yang aneh dalam gambar tersebut. Menurut si pengambil gambar pada waktu pemotretan tidak ada orang yang lewat di jalan tersebut, sehingga disimpulkan bahwa yang nampak dalam gambar adalah hantu. Berikut ini fotonya.

Penampakan hantu di siang hari di Dusun Ganden



Demikian cerita tempat-tempat angker di Desa Banyuadem, lain kali disambung lagi.

3 komentar:

  1. Mari kita gali terus potensi di Desa Banyuadem terutama di bidang pertanian dan wisata lalu kita kembangkan.sebenarnya Desa Banyuadem masih memiliki potensi potensi yang masih bisa kita kembangkan dan bernilai jual yang tinggi.tinggal menyiapkan SDM yang memadai.

    BalasHapus
  2. Nama Banyuadem sebenarnya sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang belum pernah datang ke Banyuadem,mereka langsung penasaran begitu mendengar kata Banyuadem.aplagi di dukung dengan kondisi alam yang masih asri dan mempunyai bantaran kali batang yang airnya masih melimpah,akan semakin menambah Banyuadem menjadi benar benar adem.maka dari itu mari kita jaga kelestarian alam di Desa Banyuadem.

    BalasHapus
  3. waahh ngeri juga yahh,, horror

    Klik untuk dapat penawaran terbaik paket wisata ke Dieng : Paket Wisata Dieng

    BalasHapus