Senin, 27 Maret 2017

Kubro Siswo BREGODO MUDO Desa Banyuadem

Kesenian kubro siswo atau Seni Irodat di Desa Banyuadem dihidupkan setelah sekian lama vakum, dahulu kubro siswo merupakan kesenian dari dusun Gambrengan, eksis pada sekitar antara tahun 1980 - 2000. Sebuah kesenian memang terkadang harus mengalami pasang surut seiring dengan bergantinya generasi, hal ini tidak hanya terjadi di dusun Gambrengan tetapi di dusun-dusun / desa lain. Seperti Qasidah yang berasal dari dusun Trolikan dan kesenian Campur dari dusun Cungkup.
 
Berawal dari grengsengnya para generasi muda dusun Trolikan yang setiap peringatan 17 Agustus mengadakan pementasan "Luthungan" munculah gagasan untuk menghidupkan kesenian Kubro Siswo. Karena keterbatasan ilmu gerak tari dan lagu-lagu kubro siswo, maka timbul inisiatif untuk mengajak generasi muda dusun Gambrengan untuk bersama-sama menghidupkan kesenian Kubro Siswo tersebut. Sesuai dengan perkembangan generasi, Kubro Siswo yang akan di hidupkan merupakan Kubro Siswo Kreasi (BroNdhut), yaitu mengkolabirasi alat musik asli Kubro Siswo dengan alat musik modern.

Anak polah bopo kepradah, akhirnya gagasan tersebut direstui oleh para sesepuh kedua dusun, dengan diadakan rapat pembentukan kepengurusan dimana Kepala Dusun di kedua dusun didaulat sebagai pembina kesenian.
Sampai dengan saat ini, kesenian Kubro Siswo secara resmi belum memiliki aset alat musik, karena alat musik yang ada merupakan milik pribadi dan milik kesenian Rebana Dusun Trolikan. Namun hal ini tidak menjadi masalah, yang penting kesenian tetap jalan.

Peralatan musik yang ada antara lain:
1. Bedug (membuat sendiri)
2. Bendhe (milik pribadi)
3. 1 set Drum (milik pribadi)
4. Gitar Bass Ibanez (milik Group Rebana)
5. Gitar Ibanez Rythem plus kontrol (milik pribadi), difungsikan sebagai gitar melody
6. Amplifier + 2 buah salon kontrol (milik pribadi)
7. 2 buah kendang (milik pribadi)
8. 1 buah Kendang Dangdut (membuat sendiri), 1 cadangan (milik Group Rebana)
9. Tamborin (milik Group Rebana)
10. Sound System berupa Salon2 Kontrol  (milik Group Rebana)
11. Keyboard Roland (milik pribadi)
12. mixer (milik pribadi)

Seragam untuk penari belum punya, setiap pentas masih sewa.

Penari Kubro Siswo Bregodo Mudo waktu pentas di Dusun Ganden
Suasana latihan Kubro Siswo Bregodo Mudo
Latihan kubro siswo pada setiap malam minggu untuk musik dan tari, khusus latihan malam Jumat fokus pada musik. Tempat latihan di rumah Bapak Jawadi/Ajib Setiabudi di Dusun Trolikan Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah.

Guna pengembangan kesenian lebih lanjut, mengharap sumbang saran dari para pecinta kesenian Kubro Siswo. Terlebih lagi berhubung segala macam peralatan sebagian besar adalah "pinjaman" untuk para pemerhati dan pecinta kesenian tradisional dipersilahkan untuk mendonasikan apapun yang bisa digunakan untuk kemajuan kesenian ini.

Kontak person sementara : 081392900415 (amar sidiq) email: amarcracker@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar