Minggu, 04 Desember 2016

Jalan Tembus Kunengan - Banyusemurup Makin Mulus

Masih ingat nama Kunengan? kalau anda warga Desa Srumbung atau Desa Banyuadem ber usia 40 tahun ke atas pasti kenal dengan nama Kunengan. Tempat ini terletak di Dusun Srumbung Lor (sekarang ada Rumahnya Pak Kasmudi dan kios-kios kelontong).


letak jalur Kunengan - Banyusemurup

Dulu nama Kunengan yang sempat terkenal sebagai tempat untuk "ngadang" oplet (angkutan umum) bagi warga Banyuadem dan sekitarnya termasuk warga Desa Banyuadem yang akan ke kota. Bagi warga Desa Banyuadem untuk sampai ke Kunengan biasanya melewati jalur "Banyusemurup", melalui jalan setapak berupa "galengan" dan nyebrang Sungai Gremeng (banyusemurup).

angkutan seperti ini pernah berjaya di jalur Srumbung
Jalur yang penuh kenangan tersebut kini di perlebar sekitar 3 meter, namun sementara ini hanya diperbolehkan lewat hanya sepeda motor, untuk roda empat belum di perbolehkan.

Pelebaran jalan jalur Kunengan dengan kerja bakti dua Desa
Jembatan Banyusemurup

Dengan diperlebarnya jalur ini diharapkan mobilitas perekonomian warga dapat lebih meningkat.

3 komentar:

  1. Nama Kunengan Ada juga orang yang menyebutnya dengan nama proyek,Alhamdulillah sekarang jalan dari kunengan yang menuju ke Desa Banyuadem Sudah di perlebar dan di sungai gremeng tepatnya di banyu sumurup sudah di bangun jembatan,karena jalan tersebut merupakan jalur alternatif yang sangat fital bagi warga sekitar terutama warga Desa Banyuadem.saya punya kenangan waktu itu sekitar tahun 1998 ketika jalan masih galengan saya malm-malem pulang kerja naik sepeda ontel nerabas lewat kunengan karena di gremeng pas banyu sumurup belum ada jembatanya terpaksa saya turun menyeberang sungai yang konon menurut cerita masyarakat sekitar, tempat itu di anggap tempat werit\angker sambil memanggul sepeda ontelnya untuk bisa sampai ke Dusun TRolikan.

    BalasHapus
  2. oplet oh oplet... andai ku orang kaya raya... kan kubeli rongsok oplet trus di modif dibuat kempling... wah joss

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus